Senin, 28 Agustus 2017

Tahukah kamu bahwa leak yang terkenal di bali berasal dari kediri



Leak yang populer di Bali adalah seorang manusia yang sedang mempraktekkan ilmu hitam dan memiliki perilaku kanibalisme. Diceritakan, Leak kerap terbang mencari seorang wanita hamil untuk menghisap darah bayi atau anak yang baru lahir, untuk menyempurnakan kemampuan magisnya.

Ada tiga Leak legendaris, dua perempuan dan satu laki-laki. Dengan keterampilan sihirnya yang hebat, pemilik ilmu hitam ini dapat berubah menjadi Rangda atau ratu ilmu hitam. Leak dikatakan menghantui pemakaman, memakan mayat, memiliki kekuatan untuk mengubah diri menjadi binatang, bahkan dia berbentuk monyet dengan emas atau gigi tikus besar, sebuah bola dari api dan bahkan raksasa gundul. Dikatakan bahwa dia memiliki lidah yang sangat panjang dan taring besar.

Di siang hari ia muncul sebagai seorang manusia biasa, tapi pada malam hari kepalanya dan isi perut membebaskan diri dari tubuh mereka dan terbang mencari mangsa. Musuh yang terkuatnya adalah Barong, sebuah karakter dalam mitologi Bali. Barong adalah raja dari roh-roh, pemimpin tuan rumah yang baik. Barong dan Rangda ada di urutan alam kosmos dan mewakili Baik dan Jahat.

namun tahukah anda bahwa kisah leak ini bukan terjadi di bali melainkan terjadi di kediri tepatnya pada masa pemerintahan raja airlangga.

Hal ini merujuk ke kisah Calon Arang yang dikenal di Jawa dan Bali, seorang janda sakti pemuja Dewi Durga yang hidup di masa Raja Airlangga dari Kediri. Disebut-sebut Calon Arang adalah penyihir sakti mandraguna yang punya anak cantik jelita, tapi tidak ada yang berani menikahinya karena ibunya tukang tenung.

Calon Arang pun mengutuk masyarakat sampai banyak yang meninggal. Raja Airlangga lantas menugaskan Empu Baradah yang cerdik untuk mengalahkan Calon Arang dengan cara mengutus muridnya merebut buku mantra milik Calon Arang. Versi lain yang lebih positif menyebutkan Calon Arang adalah seorang perempuan yang dimurnikan jiwanya, dihilangkan rintangannya dan jiwanya masuk ke surga.

situs calon arang bisa anda temukan di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.


bagi anda  yang ingin membaca kisah lengkap calon arang bisa baca disini : http://www.harmonikediri.com/2017/08/kisah-calon-arang-wanita-penganut.html

0 komentar:

Posting Komentar