Minggu, 04 Februari 2018

MISTERI GUNUNG WILIS

       


                             

    Hai teman, hari ini saya akan berbagi sejarah lagi pada kalian . kali ini tentang misteri sebuah gunung yang berada di Kediri. yuk kita kepoin

    Gunung Wilis adalah sebuah gunung non-aktif  sebenernya gunung ini masih aktif teman, karna tidak ada aktifitas vulkanik maka gunung tersebut dinyatakan non aktif, Gunung mimiliki ketinggian  2552 meter. Puncaknya sendiri masih belum dapat diketahui karna banyak kumpulan bukit ketika berada diatas gunung. Berada di perbatasan antara enam kabupaten yaitu Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek. Gunng yang oleh warga dijuluki gunung Pawinihan karna literatur klasik Jawa, Gunung Wilis atau Gunung Pawinihan memiliki peran penting dalam sejarah terciptanya manusia.  Penggambaran kisah penciptaan manusia bersumber dari Jagad Gumelar – Manusia Tercipta yang di tulis oleh Agung Bimo Sutejo dan Timmy Hartadi, inilah kisahnya : dalah Sang Hyang Batara Brama yang pertama kali menciptakan manusia, diambil dari tanah dan dibuat dengan kepalan tangannya, karena Sang Hyang Batara Brama adalah Dewa Api maka wujud manusia yang dibuat terlalu gosong, makanya kemudian disebut dengan Bangsa Keling. Proses penciptaan manusia pertama itu terjadi di daratan Jawa di Gunung Bromo, dan manusia yang diciptakan saat itu suhunya sangat panas untuk tinggal di dataran rendah sehingga mereka hanya dapat hidup di ketinggian yang suhunya lebih dingin.
Kemudian Sang Hyang Batara Wisnu juga menciptakan manusia dan terwujudlah sosok manusia yang lebih baik dan sempurna [seperti manusia sekarang ini], kejadian itu masih di daratan Jawa di GunungPawinihan [sekarang Gunung Wilis]. Tetapi saat itu manusia ciptaan Sang Hyang Batara Wisnu kondisi suhunya masih sama karena hanya mampu tinggal di tempat dingin. Manusia ciptaan itu menjadi rebutan dari para Hapsara dan Hapsari untuk dimomong oleh mereka.
Maka diaturlah agar manusia mempunyai keturunan dulu dan kemudian anak-anak mereka langsung di bawa oleh para Hapsara dan Hapsari untuk kemudian wajahnya dibentuk sesuai dengan wajah dari para Hapsara dan Hapsari yang memomongnya. Hal ini dilakukan agar Arcapada dapat dipenuhi oleh manusia untuk keseimbangan alam semesta. selain itu, di dalam hutan gunung ini ada berbagai macam tumbuhan yang tidak ada di tempat lain, pawinihan sendiri menurut orang jawa adalah winih yang berarti bibit . kata wilis sendiri berasal dari kalis yang menurut orang jawa kuno berarti tidur. Legenda lain juga mengatakan bahwa di dalam gunung ini te rdapat sebuah candi tersembunyi juga pasar yang ramai di kunjungi oleh mahkluk ghaib.
 sampai sekarang pun belum ada yang menemukan bahwa di dalam gunung ini terdapat candi, akan tetapi untuk para orang yang memiliki kelebihan dalam hal ghaib mengaku melihat candi tersebut tak sedikit pula para warga sekitar yang memasuki wiayah hutannya di perdengarkan keruman orang banyak layak keramaian di pasar. nah.untuk objek wisatanya sendiri paling banyak adalah air terjun salah satu air terjunnya adalah air terjun dolo di wilayah besuki. wisata sejarahnya gunung ini merupakan napak tilas rute gerilya jenderal Sudirman. Bagi temen-temen yang suka berpetualang bisa melakukan pendakian juga di gunung ini untuk rute pendakiannya sendiri dari arah timur, pendakian dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak gunung Wilis sudah dibangun memadai melalui Mojo. Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun. Bagaiman teman? ingin mencoba sensasi yang mana? penasaran dengan cerita yang ada maka, datang langsung dan buktikan .



0 komentar:

Posting Komentar